Pusat Wisata di Kota-kota Penuh Sejarah di Ukraina

Antara abad ke-9 dan ke-11, Ukraina adalah sebuah pusat peradaban paling penting pada masa itu. Kini negara terbesar kedua di Eropa ini telah berkembang pesat, namun secara politik dianggap lemah dan tidak stabil. Abad keruntuhan akibat kendali dari Uni Soviet telah mengakibatkan tewasnya jutaan orang, hingga Ukraina lepas dari genggaman Soviet pada tahun 1991, negara itu masih tetap saja mengalami kesulitan berkembang.

Namun untuk para pelancong, Ukraina menawarkan lebih banyak keindahan dibanding daerah lain. Naik gunung adalah salah satu favorit wisata di bagian barat Ukraina dengan keindahan Pegunungan Carpathian. Di sisi lain, Ukraina punya daya tarik tersendiri di kota-kota dan desa mereka, terlebih karena gaya arsitektur yang masih berpegang pada kejayaan masa lalu. Ibukota Kiev, dulunya adalah tempat tinggal Kievan Rus yang masih meninggalkan sejarah kemakmuran, dari invasi Mongol hingga bencana nuklir Chernobyl. Di pedesaan, kalian akan melihat cara hidup tradisional dimana warga hidup sederhana di rumah-rumah kecil yang tersebar di kaki bukit.

Sejarah Singkat Ukraina

Keberadaan manusia di Ukraina telah tercatat sejak masa prasejarah. Diperkirakan budaya Neolithic Cucuteni-Trypillian telah muncul sejak tahun 4500 SM  hingga 3000 SM.


Tahun 882, Kiev ditaklukkan oleh Varagian noble Oleg. Tahun 1240 Mongolia menghancurkan Kiev dan kebanyakan orang di kota itu melarikan diri ke negara lain. Selama abad ke-14, Polandia dan Lithuania berperang melawan pendudukan Mongol, dan akhirnya memenangkan Ukraina untuk mengikuti aturan Polandia dan Lithuania.





Negara Ukraina yang telah dibentuk, justru mengalami perang dengan Polandia, yang akhirnya mendorong perjanjian perlindungan dengan Uni Soviet pada tahun 1654. Hingga pada tahun 1991, setelah belasan tahun di bawah pemerintahan komunis Soviet, Ukraina mengumumkan diri seabgai negara independen.

Letak Geografis

Ukraina memiliki batas internasional dengan Belarus, Rusia, Polandia, Slovakia, Moldova, Hungaria dan Rumania. Negara dengan luas lebih dari 600 ribu kilometer persegi ini dihuni oleh sekitar 45 juta penduduk. Ukraina adalah negara yang keseluruhan wilayahnya berada di kawasan Eropa dan menjadi negara terluas di Eropa. Semua sungai yang ada di Ukraina mengalir ke Laut Hitam dan laut Azov. Di bagian barat daya, Sungai Danube menjadi batas negara dengan Rumania. Puncak Hora Hoverla di pegunungan Carpathian di ketinggian 2.061 meter di atas permukaan laut dan pegunungan Crimea di semenanjung Crimea.

Pembagian Wilayah

Ukraina terbagi atas 24 provinsi dan satu wilayah republik otonom Crimea. Lalu wilayah tersebut terbagi atas ratusan distrik/ kabupaten.

Kota untuk dikunjungi di Ukraina

  • Kiev, ibukota negara, menjadi pusat segala sesuatu di Ukraina. Ada banyak hal dan banyak tempat yang dapat dikunjungi di kota ini, termasuk gereja-gereja yang indah, pusat kota dan bahkan ada pantai di sepanjang sungai. Menghabiskan tiga hari di kota ini adalah waktu yang tak terasa.
  • Odessa, adalah salah satu resor populer di Laut Hitam yang dihuni oleh sedikitnya 1 juta jiwa. Dikenal sebagai "permata laut hitam", area ini telah dibangun 200 tahun lalu oleh Catherine the Great.
  • Dnjepropetrovsk
  • Yalta - Crimea
  • L'viv - Kota dengan pemandangan zaman pertengahan yang dipengaruhi oleh budaya Polandia/ Austria
  • Kharkov
  • Sevastopol - Crimea
  • Simferopol - Crimea
  • Donetsk - Kota sejuta mawar

Keindahan

Crimea adalah satu wilayah di bagian selatan Ukraina yang terlihat seperti terpisah secara geografis dengan Ukraina. Menjadi seperti sebuah pulau dengan banyak pantai yang menjadi pusat tujuan berlibur oleh warga lokal maupun turis mancanegara. Sejumlah pegunungan juga layak untuk dijelajahi. Kota-kota seperti Simferopol dan Sevastopol, terutama Yalta, tempat dimana sebuah istana Rusia berada, termasuk sejumlah monumen luar biasa lainnya. Istana Livadia sangat terkenal sejak Stalin, Churchill dan Roosevelt pernah merencanakan pembagian Eropa pada akhir Perang Dunia II di kota ini.





Carphatians
Merupakan jajaran pegunungan di bagian barat Ukraina, berbatasan dengan Rumania. Sejumlah hutan yang berbatasan dengan Slovakia, tak terjamah manusia masih eksis di Ukraina yang telah menjadi salah satu yang dilindungi oleh UNESCO sejak tahun 2007. Pada musim dingin, seringkali digunakan sebagai sarana ski dan pada musim panas, digunakan untuk mendaki gunung.


Ukraina Barat, sejumlah bangunan unik terdapat di sana, terutama di kota Khotyn. Sebuah penjara batu dianggap menjadi sebuah rumah tahanan paling kuat di Eropa Timur. Terkenal setelah pertempuran akhir yang berujung kekalahan Turki dan awal keruntuhan Kekaisaran Ottoman. Sejumlah film-film mainstream mengambil syuting di daerah ini, seperti Old Fortress, Arrows of Robin Hood, Black arrow, The Three Musketeers.





Chernobyl
Kalian pasti sudah pernah mengenal nama itu. Chernobyl adalah pusat stasiun nuklir yang pernah meledak pada tanggal 26 April 1986. Ledakan itu terjadi ketika uji coba kekuatan daya yang dibutuhkan untuk menjaga reaktor tetap bekerja saat ada masalah. Tidak jelas berapa orang yang tewas secara pasti, namun hingga kini, banyak orang yang harus menerima konsekuensinya. Memang sudah dapat dikunjungi, namun kalian harus mengikuti aturan pemandu dengan tidak melewati rambu-rambu yang telah dibuat. Dulu, Chernobyl telah menjadi kota baru yang dihuni oleh lebih dari 100 ribu orang, yang diantara mereka adalah para pekerja dan keluarganya.


Peristiwa besar di Ukraina

Ada sejumlah hari libur nasional di Ukraina yang sebagian besar selalu dirayakan. Hari paling ramai adalah tahun baru, Natal Ortodoks, Hari Perempuan, Hari Paskah, dan Hari kemerdekaan.
Hari-hari sesuai nama
  • Lviv City Day - Dua hari di pertengahan Mei
  • Victory Day - Tanggal 9 Mei
  • Kiev Day - Akhir Minggu bulan Mei
  • Kiev Summer Music Festival - Akhir bulan Mei
  • Ukrainian World Music Festival - Akhir Juni atau Akhir Juli
  • Sorochinsky Yarmarok - Satu minggu di bulan Agustus
  • Hari Kemerdekaan Ukraina - Tanggal 24 Agustus
  • Festival Jaxx Koktebel International - Akhir minggu pertengahan September
  • Festival Film Molodist International - Minggu terakhir bulan Oktober

Cuaca

Pada musim panas, Ukraina berada pada situasi cuaca yang panas dan kering, dan pada musim dingin bersalju. Temperatur antara 25 - 30 derajat C meski terjadi kenaikan temperatur di hari-hari tertentu. Namun di musim dingin, jangan coba-coba berada di luar rumah jika kalian tidak terbiasa dengan dingin di bawah temperatur lemari es di rumah kalian. Terkadang temperatur turun hingga -30 derajat C.


Menuju Ukraina

Pesawat
Bandara Boryspil Internasional yang terletak dekat Kiev, menjadi bandara utama Ukraina yang melayani penerbangan penting ke Amsterdam, Barcelona, Berlin, Brussel, Dubai, Frankfurt, Helsinki, Kuwait, Lisbon, London, Manchester, Madrid, Milan, Paris, Roma, Tbilisi, Vienna dan Zurich.


Dari dan menuju Bandara
Cara sederhana menuju ke kota dari bandara adalah menggunakan layanan Sky Bus yang dilayani oleh Shuttle, beroperasi setiap 15 menit di jam-jam sibuk, atau setiap 45 menit pada waktu tengah malam. Layanan ini beroperasi 24 jam dengan biaya ongkos sekitar 70 ribu rupiah yang akan membawa anda ke kota dengan waktu sekitar 1 jam dan setiap terminal akan di singgahi oleh bus tersebut. Sehingga di manapun kalian ingin berhenti, maka sudah pasti anda akan sampai dengan selamat.


Kereta Api
Menuju negara-negara di sekitarnya, ada jalur kereta api langsung seperti menuju Warsawa dan Moskow.

Tempat makan

Banyak tempat makan yang murah di Ukraina jika dibandingkan dengan kota-kota lain di Eropa Timur. Jenis makanan seperti Kebab Turki (dinamai Sharma) dan berbagai jenis Pirizhok dan Bulichki cukup populer. Seafood juga tersedia di area pinggir pantai, yang mana menu-menu tersebut dipengaruhi oleh resep masakan dari abad ke-18 dari Polandia dan Rusia.

Tempat menginap/ tidur

Tempat menginap memang menjadi masalah juga jika kalian di Ukraina. Tidak ada yang murah. Hotel-hotel di sana membuat rating dan bintang sendiri dengan tidak ada jaminan kualitas. Hostel sangat jarang ditemukan. Namun hal ini tidak akan menyurutkan niat kalian ke Eropa Timur, sebab hal ini tidak  hanya terjadi di Ukraina, tetapi di hampir semua negara-negara di bagian timur Eropa.

Tempat minum alkohol

Alkohol adalah bagian penting Ukraina dan sangat murah. Minuman warga lokal paling digemari adalah vodka. Tentu saja hal ini disebabkan oleh dinginnya wilayah tersebut yang dapat membuat orang yang tak biasa mungkin akan pingsan seketika. Bayangkan saja, bir di Ukraina dianggap sebagai soft drink, termasuk bir impor dari Jerman atau Cechnya. Jika ingin mencicipi wine ala Crimea, kalian boleh memesan Masandra, merek paling populer dan terbaik di Ukraina. Semuanya akan kalian temukan di musim dingin.


Pada musim panas, alangkah baiknya tidak meminum alkohol, tetapi minum yang segar seperti Kvas yang mirip seperti coke. Jangan meminum air dari kran air seperti di hotel-hotel atau negara maju, lebih baik membeli minuman botol.

Keamanan

Berhati-hatilah ketika menyeberang jalan, mengendarai mobil, atau ketika berada di lingkungan pinggiran. Cukup banyak tindak kriminal yang terjadi akibat ada kesempatan, meski memang untungnya tidak banyak kriminal dengan kekerasan. Hindarilah bermasalah dengan polisi setempat sebab mereka seringkali bertindak tanpa ampun dan harus disuap. Hindari dokter dan rumah sakit karena justru akan memperburuk kesehatan kalian. Satu hal lagi, bagai para pelancong pria, jangan sampai lupa daratan jika melihat gadis-gadis Ukraina yang terkenal seksi dan cantik, ingatlah bahwa beberapa hari lagi kalian harus pulang.

Di musim dingin, jika kalian memaksakan diri untuk mengemudi ke wilayah tertentu di luar area yang umum, waspadalah, sebab di pinggiran Ukraina, sama seperti di beberapa daerah di Rusia, banyak mobil-mobil "pembalap", yang bahkan di musim salju pun tetap menginjak pedal gas dan melaju kencang di jalan raya berlobang seperti di Nikolaev (tidak disarankan berkunjung ke kota Nikolaev karena memang bukan tujuan wisata, kecuali wisata kalian untuk mencari hiburan dari para gadis lokal). Selamat berlibur!

0 Response to "Pusat Wisata di Kota-kota Penuh Sejarah di Ukraina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel