Panduan Wisata di Madrid Spanyol

Madrid merupakan ibukota Spanyol yang juga berdiri sebagai daerah otonom. Termasuk kota-kota di pinggiran Madrid yang membuatnya punya sejumlah tempat yang sangat menarik untuk mengisi waktu liburan kalian. Madrid sebagai kota tua punya gedung-gedung dengan arsitektur yang indah. Setiap budaya dari masa-masa jayanya masih berdiri tegak di kota itu.

Dan selain bangunan, ternyata makanan juga menjadi perhatian penting di kota ini. Sebagai tambahan bagi makanan tradisional di sana, kini sudah muncul sejumlah restoran yang menawarkan menu-menu internasional. Meski sulit melihat ada perairan di dekat kota ini, namun ikan-ikan segar akan tersaji dengan kualitas terbaik. Madrid adalah kota yang hidup, penuh fashion membuat atmosfer di kota ini sedikit berbeda dengan kota-kota lain di Spanyol.



Orang-orang di Madrid punya sebutan "Gatos" yang berarti kucing, karena gaya hidup mereka yang tetap di luar rumah, minum hingga pagi. Mereka sangat menyukai pesta dan berkeliling jalanan dari bar ke bar atau dari klub ke klub lain, dan tidak akan pulang ke rumah sebelum matahari terbit.
Hal lain yang penting di Madrid adala sepakbola. Real Madrid, tentu semua pecinta sepakbola sudah pernah mendengarnya, klub paling populer di dunia yang akan menggoda kalian untuk datang mengunjungi stadion Santiago de Bernabeu. Apalagi jika kalian sempat membeli tiket dan masuk ke dalamnya, akan menjadikan pengalaman berlibur luar biasa.

Kota di dekat Madrid

  • Sol - Merupakan titik pertemuan semua jalan di Spanyol. Semua jarak jalan dihitung dari tengah-tengah kota ini. Patung beruang yang bersandar ke pohon strawberry (sebagai simbol kota), kini ditempatkan di sisi timur alun-alun.
  • Plaza Mayor - Gedung yang indah dan penuh artistik.
  • Plaza España - sebuah oase di tengah-tengah jalan kota yang sibuk dengan patung Don Quichote dan Sancho (dari novel Spanyol yang paling terkenal, yang ditulis oleh Miguel de Cervantes).
  • Lavapies - Merupakan salah satu lingkungan multikultural di Madrid yang penuh dengan restoran.
  • La Latina - Bagian tua dari kota Madrid, di mana anda dapat mencicipi makanan tapas dan mengunjungi pasar El Rastro setiap Minggu pagi.
  • Chueca - daerah gay dengan kehidupan malam yang semarak yang berada di utara Gran Via.
  • Malasaña - seperti Chueca, trendi dan penuh restoran, bar dan klub malam.
  • Salamanca - lingkungan yang terkenal untuk belanja.
  • Huertas - kawasan para penulis tua, dengan jalan-jalan kecil, plaza besar (Plaza St. Ana) dan banyak bar dan restoran.
  • Atocha - Berada di bagian tenggara pusat kota; stasiun utama kereta api kota.

Keindahan dan Aktivitas di Madrid dan Sekitarnya

Palacio Real

Di bagian barat kota itu terdapat Palacio Real dan Cathedral La Almudena. Istana tersebut tepat di titik penting dimana kota itu didirikan pada abad ke-10. Setelah istana alcazar terbakar pada malam Natal tahun 1734, konstruksi istana yang baru kemudian selesai pada tahun 1755. Kini istana hanya digunakan untuk upacara-upacara resmi. Di bagian barat istana itu terdapat kebun Inggris yang disebut Campo de Moro; di bagian utara terdapat Jardines de Sabatini; di bagian selatan terdapat bagian terbaru dari istana yang ditambahkan pada abad ke-19 dan di sekeliling Plaza de Armas dari tiga sisi, dan di sisi lain Plaza de Armas terletak Cathedral La Almudena. Di bagian timur terdapat Plaza de Oriente dan dibelakangnya terdapat gedung Opera dan pusat kota.
Jika kalian ingin mengunjungi istana ini, pelancong diterima antara pukul 09 pagi dan 06 sore, pada musim dingin, dibuka pada pukul 9:30 pagi hingga 5 sore. Istana tersebut juga ditutup jika ada kegiatan khusus yang dilakukan di istana tersebut.

Cathedral La Almudena

Rencana awal pembangunan Cathedral La Almudena telah dimulai sejak abad ke-16 namun tak kunjung dibangun hingga tahun 1883. Membutuhkan waktu 110 tahun hingga bangunan megah tersebut selesai, dan ditahbiskan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 15 Juni 1993. Sebuah patung paus terdapat di sisi katedral. Pembangunan gedung ini sempat dihentikan beberapa kali, dan akhirnya berhenti sepenuhnya selama perang sipil di Spanyol.

Plaza Major

Merupakan salah satu pemandangan paling banyak difoto di Madrid. Lokasi persegi ini telah dimulai sejak abad ke-16, dan telah digunakan untuk banyak hal seperti pusat pasar, pesta, pertandingan sepakbola, serta adu banteng. Kebanyakan kota di Spanyol memiliki sebuah Plaza Major namun yang berada di Madrid dianggap istimewa, karena dikelilingi oleh sejumlah bangunan dengan gaya yang sama. Jika kalian mengunjungi tempat ini, maka kalian akan melihat berbagai lukisan yang berada di bagian utara alun-alun, di casa de panaderia. Di bagian bawah gedung kalian akan menemukan banyak toko-tokoh souvenir, restoran dan pusat informasi turis. Khusus di waktu Natal, pasar ini juga buka dengan mayoritas berkaitan dengan acara Natal.

Rastro

El Rastro adalah pusat pasar raksasa yang buka setiap hari Minggu pagi di kawasan La Latina. Digunakan sebagai pasar loak, meski kini sebagian besar kios telah dipergunakan oleh para sales. Pusat pasar tidak hanya terbatas pada jalan Plaza de Cascorro ke Calle de la Ribera de Curtidores, tetapi masih ada sepasang jalan di mana kalian akan menemukan kios-kios penjual benda seni dan pasar burung. Sejumlah tokok di Calle de la Ribera de Curtidores tetap buka di hari Minggu demi menggaet keuntungan dari pelancong.

Teleferico

Teleferico adalah jenis mobil kabel yang berjalan dari Parque del Oeste hingga Casa de Campo. Menggunakan transportasi ini, kalian akan melihat pemandangan di sepanjang jalan kota. Kabli mobil sepanjang 2,5 kilometer melintasi Rio Manazanares menuju Casa de Campo. Tiket pulang pergi adalah 8,6 euro atau sekitar 150 ribu rupiah.

Stadion Santiago Bernabeu

Estadio Santiago Bernabeu terletak di dekat kota Chamartin, di buka pertama kali pada tahun 1947 yang juga disebut dengan Nuevo Estadio Chamartin yang artinya Stadion Baru Chamartin.
Stadion ini tidak hanya dikunjungi ketika ada pertandingan, tetapi pihak stadion membuka untuk pariwisata untuk melihat ke dalam stadion dan museum yang berisi penghargaan yang pernah dimenangkan oleh tim sepakbola mereka.

Prado adalah pusat seni para master tua seperti El Greco, Diego Velasquez dan Goya yang buka untuk pengunjung secara gratis setiap hari setelah pukul 6 sore.



Reina Sofia adalah pusat tempat seni modern, yang berisi hasil lukisan populer termasuk seperti karya Pablo Picasso atau Dali yang buka secara gratis pada hari Sabtu siang dan Minggu hingga pukul 2:30 sore.


Thyssen adalah museum swasta yang tidak ada waktu gratis untuk para pengunjung.
Madrid adalah kota penuh dengan museum, seperti:
  • Museo de America
  • Museo Arquelogico Nacional
  • Museo de la Ciudad
  • Monasterio de Las Descalzas Reales
  • Museo Nacional de Antropologia
  • Museo de Ferrocarril
  • Museo Nacional de Ciencia y Technologia
  • Museo del Traje
  • Ermita de San Antonio de la Florida y Museo Panteon de Goya
  • Museo lazara Galdiano
  • Museo de los Origenes
  • Museo de la Real Academia de las Bellas Artes de San Fernando
  • Museo Sorolla
  • Centro de Arte Dos de Mayo

Peristiwa Penting

Festival San Isidro yang dilangsungkan setiap tahun di bulan Mei penuh dengan hiburan. Dansa, musik band dan hal itu terjadi di sejumlah kota. Festival itu akan berlangsung selama satu minggu.

Hari kebangkitan 2 Mei

Hari pengantin gay madrid, yang kini bukan hanya untuk para gay, lesbian dan jenis lainnya, karena pesta ini mengundang banyak keramaian. Parade berlangsung pada hari Sabtu, sekitar lima kilometer dari kota Madrid.
Jika kalian ingin melihat performa kebudayaan, maka acara La Noche en Blanco yang berlangsung pada hari Sabtu malam di minggu kedua dan minggu ketiga pada bulan September.
Hari Nasional 12 Oktober di Spanyol, peringatan Columbus menemukan benua Amerika. Dirayakan dengan parade militer di jalan Passeo de la Castellana. 

Cuaca di Madrid

Kota Madrid tidak terasa panas hingga mulai pertengahan bulan Mei atau awal Juni. Pada musim panas, temperatur akan terasa sangat panas yang dapat mencapai hingga 45 derajat C. Dan ketika musim dingin, kalian perlu mempersiapkan baju hangat, jaket dan sarung tangan, sebab temperatur akan berada di angka 0 derajat C. 

Menuju Madrid

Pesawat

Bandara Barajas Madrid melayani lebih dari 40 juta penumpang setiap tahun yang berasal dari kota-kota lain di Spanyol, Eropa dan internasional, termasuk sejumlah penerbangan dari Amerika Latin.
Tujuan utama penerbangan dari Madrid adalah ke Amsterdam, London, Paris, Frankfurt, Buenos Aires, Lima, New York, Moskow, Toronto, Beijing, Havana, Roma, Miami, Dubai, Istanbul, Rio de Janeiro, Johannesburg, Chicago, Quito, Meksiko, Zurich, Barcelona, Bangkok, Lisbon dan Sao Paulo.

Lewat Kereta Api

Salah satu station kereta utama Madrid adalah Atocha yang dibangun oleh Gustav Eiffel, dengan lajur 1. Kini Spanyol telah memperluas layanan kereta dengan kereta api cepat yang tentu saja menambah ongkos.




Selain Atocha, ada juga stasiun Chamartin yang lebih mudah dicapai ketika kalian ingin berjalan-jalan ke arah utara Madrid. dari stasiun ini juga terdapat kereta api cepat.

Menggunakan mobil

Jika kalian belum familiar dengan jalan-jalan di Madrid, perlu sekali memperhatikan rambu-rambu di jalan raya yang penuh dengan pengertian berbeda, terutama jangan sampai kalian salah memutar arah di persimpangan jalan tertentu. Ada jenis penanda seperti M-30, M-40 dan M-50.

Makanan di Madrid

Tapas adalah adalah makanan rumahan spesial yang hadir dalam bentuk yang berbeda dan harga yang bervariasi. Beberapa tapas yang populer di Madrid adalah tortilla de patatas, calamares, jamon serrano dan croquetas yang mana satu porsi tak cukup untuk satu orang. :)
Churros adalah makanan khas lain Spanyol, yang mana kalian akan melihat banyak orang mengkonsumsi makanan ini pada pagi hari sebagai sarapan kedua.
Waktu terbaik bagi kalian adalah makan siang, yang umumnya dilakukan sekitar pukul 2 siang. Pada waktu akhir minggu, sejumlah restoran menawarkan menu lengkap yang sering ditawari berikut dengan roti dan anggur dengan harga yang masuk akal, sekitar 10 euro atau sekitar 180 ribu rupiah. Sebaiknya kalian sudah makan diantara jam tersebut, sebab sebagian besar restoran ini akan tutup setelah jam 3 sore, lalu kemudian buka kembali pukul 9 malam.

Tempat bersenang-senang

Minum, ada beberapa tempat yang menyajikan minum anggur merah dan jenis minuman campuran lainnya, nama-nama minuman campuran populer adalah seperti Kalimoxto, Tinto de Verano dan Mahou.


Musik

Live music dapat kalian nikmati di berbagai tempat dengan penampilan band-band populer di Madrid seperti Joy Eslava, Palacio de Deportes dan lainnya. Bar-bar juga banyak membuat program live music.

Tempat istirahat/ tidur

Variasi harga tempat penginapan di Madrid sangat banyak pilihan. Dari hostel untuk para backpacker hingga kamar super mewah di paseo de Prado. Memang diakui bahwa tinggal di Madrid sedikit lebih mahal dibanding kota lain di Spanyol, namun masih lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar lain di Eropa.

Beberapa hostel popouler dikunjungi oleh para backpacker seperti Way Hostel, Hostal Santillan, MuchoMadrid, Musas Residence, Residencia Alvaro, Cat's Hostel, Hostal Residencial Rober, RC Miguel Angel, Hoostal Bergatin, dan lainnya.

0 Response to "Panduan Wisata di Madrid Spanyol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel