Kemajuan Teknologi Smartphone, Bagaimana Kemajuan Baterai?

Seringkali setiap membaca spesifikasi perangkat elektronik, kita akan melihat bagaimana performa baterai. Bisa jadi itu smartphone, laptop, tablet, atau mungkin peralatan lain, yang membutukan listrik untuk bekerja. Saat ini, kita berada dalam letupan perkembangan teknologi yang begitu pesat, namun semaju apapun teknologinya, masih tetap saja bergantung pada sistem penyimpanan daya energi.



Tidak banyak perubahan dalam kemajuan teknologi baterai dalam sepuluh tahun tgerakhir. Sebut saja merk besar seperti Duracell, telah bekerja membuat baterai yang lebih ramah lingkungan, dan membuat baterai mereka lebih baik dalam performa dan peningkatan jumlah penyimpanan, namun, hal mendasar sebagai baterai pada faktanya tak ada yang berubah.

Begitu majunya teknologi saat ini, namun mengapa sepertinya teknologi baterai terasa kesulitan untuk berkembang? Mari kita lihat dulu asal mula masalah dalam baterai. Jenis baterai lithium-ion mulai dikenalkan di pasaran sekitar tahun 90-an, dan dengan cepat menguasai pasar. Memiliki kelebihan seperti tidak perlu perawatan, mampu bekerja dalam sel tunggal, hingga dianggap sebagai baterai yang sangat efisien.

Baterai smartphone yang kita gunakan saat ini memiliki batasan pengecasan dan punya limit hanya beberapa tahun. Tanpa jenis baterai yang mampu memberikan kepastian energi, teknologi baterai akan tetap berada dalam status quo.

Energi terbarukan adalah jawaban penting dalam mengantisipasi stagnasi perkembangan baterai. Tenaga surya adalah sumber energi tanpa polusi dan terbarukan, serta akan lebih murah untuk menghasilkan energi setiap harinya. Masalahnya adalah, tenaga matahari tidak selalu hadir setiap saat, terkadang ada awan dan jam malam hari, kecuali hal ini bisa diakali dengan efisiensi yang tinggi untuk bisa menyimpan energi yang telah diperoleh di siang hari. 

Penyimpanan energi tenaga surya adalah salah satu masalah yang akan membuat pemanfaatan energi surya menjadi tetap mahal dan akan selalu mahal, dan tidak akan menjadi satu pilihan untuk masalah energi, dan tidak akan pernah bisa menggantikan kebutuhan sumber energi saat ini.

0 Response to "Kemajuan Teknologi Smartphone, Bagaimana Kemajuan Baterai?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel