Cara Setting Mikrotik Dasar Warnet

Untuk setting mikrotik, ada beberapa langkah dasar yang perlu kita lakukan, yang mana paling awal adalah bagaimana agar internet bisa lewat dari port 1 (ether 1) melewati port 2 atau yang lain (ether2) dan bisa digunakan.



Langkah pertama adalah reset dulu mikrotiknya, untuk mengosongkan pengaturan default dari mikrotik karena kita akan menggunakan konfigurasi sendiri. Ini dilakukan jika router mikrotik pernah digunakan. Kalau belum, maka tidak perlu reset, langsung hidupkan saja.

Cara reset mikrotik adalah dengan menekan dan tahan tombol pada lobang “res” dan nyalakan mikrotik dengan menghubungkan dengan ac adaptor. Setelah lampu indikator berkedip lepas tombol tersebut.

Mikrotik rb750 memiliki 5 port ethernet, port 1 adalah untuk modem, sedangkan port 2-5 untuk koneksi ke klien, Hubungkan PC/Laptop/Switch ke Port 2 pada mikrotik, dan modem ke port 1 mikrotik. Download winbox lewat browser. Setelah itu jalankan winbox, untuk masuk ke mikrotik gunakan mac addres yang tampil. Isikan username dengan “admin” dan password kosongkan saja.

Jika muncul pemberitahuan untuk menggunakan setting default mikrotik, pilih remove saja agar settingan mikrotik kosong.

Penamaan Ethernet
Agar lebih mudah mengenali port ethernet yang digunakan baiknya mengganti nama port yang digunakan. Disini yang digunakan adalah port 1 (ether 1) dan port 2 (ether 2). Klik Interfaces, pilih ether 1 dan ganti namanya menjadi internet, ether 2 ganti menjadi LAN atau Switch.

Pemberian IP Address
Pilih menu IP>Addresses dan klik “+” untuk menambahkan IP Address. Untuk interface internet (port 1) berikan IP 192.168.1.2/24 dan klik Apply dan OK. Karena modem speedy standard IP nya adalah 192.168.1.1. Lalu tambah lagi untuk interface LAN berikan ip 172.16.0.1/24. Berarti untuk LAN yang kita gunakan adalah class ip 172.16.0/24 dengan subnet yang digunakan adalah /24. Setelah selesai tes dengan menggunakan terminal pada winbox, ping ke ip modem, jika reply berarti pengaturan ip sudah benar

Gateway
Untuk bisa terkoneksi ke internet harus ditambahkan gateway. Pilih menu IP>Routes. Klik “+” untuk menambahkan gateway, isi dengan ip modem yaitu 192.168.1.1.

Masquerading
Agar client yang berada dibelakang mikrotik dapat ikut terhubung ke internet maka harus ditambah pengaturan di IP>Firewall>NAT . Isikan chain dengan srcnat, out interface pilih inernet, dan pada tab action pilih masquerade. Sampai pada tahap ini anda sudah bisa mengkoneksikan PC Client ke internet apabila pengaturan sudah benar.

Pembagian Bandwith dengan Simple Queue

Membatasi semua koneksi client dengan aturan 128/256kbps untuk download dan upload tiap-tiap client.

Membuat parent terlebih dahulu, pilih Queue-Simple Queue-add seperti gambar di atas. Setelah itu, kamu dapat menambah aturan-aturan lain secara perlahan seperti mangle game, blokir website tertentu, membatasi loading streaming Youtube, dan lainnya.

0 Response to "Cara Setting Mikrotik Dasar Warnet "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel